Persyaratan Peralatan Sablon

Untuk mencetak gambar berkualitas tinggi dan seproduktif mungkin, peralatan kami harus dalam kondisi prima. Peralatan konveksi kaos sablon memiliki persyaratan khusus.

Saya mencetak topi, dan item perawatan pertama yang saya lihat adalah layar dan alat pembersih yg terbuat dr karet. Kondisi kedua item ini akan lebih cepat menurun dibandingkan aspek peralatan cetak lain yang juga saya pantau. Beberapa dari aspek lain ini akan mengejutkan siapa pun yang mencetak, terlepas dari apakah Anda mencetak topi, kemeja, keringat, tanda, atau barang lainnya, tetapi pertama-tama mari kita lihat layar topi dan penyapu.

Layar

Kasa tutup berbeda dengan kasa baju, karena salah satu sisinya harus berupa palang tipis untuk mencetak gambar yang dekat dengan paruh tutup. Gambar mungkin sedekat 1/16 “ke bagian dalam bilah tipis daripada di tengah layar seperti layar T-shirt.

Saat tegangan pada layar minimal, jaring mungkin bergeser dari pendaftaran selama pencetakan dan tinta mungkin akan didorong ke bawah ke dalam kain. Warna kainnya kemudian bisa dilihat. Jadi diperlukan perawatan flash dan cetakan kedua. Pekerjaan ganda itu dapat dihindari dengan layar yang rapat dan dengan mengambil langkah lain.

Layar tegangan rendah menyebabkan tinta menumpuk di bawah layar. Kemudian layar perlu dibersihkan secara berkala selama proses pencetakan. Ketegangan bahkan akan lebih rendah di dekat sisi tipis bingkai, yang merupakan area gambar, daripada di area lain pada layar. Ujung dari tegangan rendah ini di bagian bawah area gambar adalah jumlah tinta yang mengendap lebih banyak.

Salah satu langkah terpenting untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi dan menjadi produktif adalah menggunakan layar tegangan tinggi. Ketegangan lebih penting untuk saringan topi daripada saringan kemeja, karena bahan yang digunakan untuk membuat topi, terutama tutup depan berbusa, lebih lembut daripada kaos, tanda, dan banyak item lainnya.

Regangkan dan rekatkan layar, yaitu tempat jaring dilem ke bingkai, mungkin perlu diregangkan dan direkatkan sebelum pekerjaan dengan ukuran berapa pun. Bingkai retensi dapat digunakan untuk mengencangkan jaring tanpa melepas jaring. Bingkai tubular aluminium akan menahan lebih banyak tegangan daripada kayu.

Jika bingkai tidak dapat ditarik, maka batang tipis harus dari baja daripada aluminium, atau lebih buruk lagi, kayu, Ketegangan dapat ditingkatkan dengan membelokkan sisi batang tipis layar ke arah tengah layar sebelum memasang jaring. Baja harus kita lap dengan mineral spirit atau alkohol untuk menghilangkan minyak sehingga lem super akan menahan mesh di bawah tegangan bahkan melalui batang yang tebalnya hanya 1/8 “. Setelah lem mengering di keempat sisinya, maka mesh bisa dipasang di atas sisi datar batang tipis dan direkatkan ke sisi datar dengan lem super. (kemungkinan pameran adalah foto yang menunjukkan defleksi batang baja pada bingkai tutup dengan penjepit cepat)

Meningkatkan tegangan mata jaring ke tingkat yang tidak terlalu lama setelah jaring putus merupakan langkah perawatan penting untuk menghindari masalah yang memengaruhi kualitas dan produktivitas. Layar dan alat pembersih kaca seperti dua bilah gunting yang harus tajam untuk memotong tinta dan menyimpan tinta di permukaan tutup.

Squeegee

Penyapu topi juga secara unik berbeda dari penyapu kemeja. Biasanya hanya 4 “panjang, bilah alat pembersih yg terbuat dr karet akan membelokkan lebih dari bilah penyapu pembersih yg terbuat dr karet kemeja, dan terutama di sudut. Ketika gambar sedang dicetak dengan sudut lembut dari pisau pembersih yg terbuat dr karet, jumlah tinta yang berbeda akan disimpan daripada di tengah pedang.

Memilih bilah yang lebih kaku atau bilah durometer tiga kali lipat seperti 75-95-75 daripada bilah durometer 70 yang sering digunakan untuk kemeja akan meningkatkan kualitas dan produktivitas. Mengganti bilah di gagang mungkin merupakan opsi terbaik. Memilih alat pembersih yg terbuat dr karet dengan pegangan aluminium dengan baut melalui pegangan, tetapi bukan bilah, atau pegangan kayu dengan pisau direkatkan ke pegangan akan memberikan dukungan yang lebih baik untuk pisau daripada pegangan kayu dengan baut melalui pisau. Baut yang menembus bilah adalah titik tekanan yang akan membengkokkan bilah seiring waktu.

Alat pembersih yg terbuat dr karet harus berdiri tegak di atas permukaan datar seperti kaca untuk melihat apakah bilahnya lurus. Jika ada cahaya di bawah bilah, bilah harus diasah. Jika ada torehan pada bilahnya, atau ujung potongnya tidak persegi dan tajam, maka bilah tersebut harus diasah. Tepi yang membulat akan mendorong tinta melalui jaring daripada memotong tinta sehingga tinta dapat diletakkan di permukaan kain. Setelah bilah tajam, tepi persegi harus dipoles dengan alat pemoles buatan sendiri sebelum setiap pekerjaan untuk menjaga agar ujungnya tajam. (kemungkinan pameran)

Saat pencetakan telah selesai, tinta harus segera dihapus. Jika tinta tertinggal di bilah selama berhari-hari, lama kelamaan bilah akan mengeras dan material akan pecah. Jika bahan kimia digunakan pada pisau, pisau harus dibilas dengan air sebelum menyimpan alat pembersih yg terbuat dr karet. Squeegee harus disimpan tanpa bertumpu pada bilahnya, karena itu akan melengkungkan bilahnya.

Baca Juga: Pemeriksaan Rayap – Apa Saja yang Dicakupnya?

Tingkat

Ada dua bagian untuk diratakan: layar dan pelat. Jarak antara keduanya dapat membuat gambar paralaks dan terdistorsi. Pitch juga dapat meninggalkan lebih banyak tinta di beberapa area gambar yang dicetak daripada yang lain.

Pelat dapat diperiksa dengan memutarnya di bawah objek diam independen. Kami menggunakan flash dryer yang tidak dicolokkan. Kami menempelkan kertas ke flash dryer sehingga kami dapat melihat apakah semua pelat berada pada ketinggian yang sama dan hanya menyentuh tepi kertas saat pelat melewati di bawah kertas. Tes ini juga meyakinkan orang yang mencetak bahwa pengering flash akan berada pada jarak off-contact yang seragam.

Untuk memeriksa ketinggian layar, kami meletakkan sepotong kaca plexiglass 1/8 “tebal dan lebih besar dari pelat pada pelat. Kami memeriksa layar dengan kaca, yang kami asumsikan benar-benar datar, dan kemudian meletakkan layar di pers . Jaring harus rata dengan kaca plexiglass sementara lengan warna pers bertumpu pada baut yang tidak bersentuhan, atau kami memiliki masalah layar. Setelah kami lulus tes ini, kami dapat mendaftar saat kontak dengan positif di atas kaca plexiglass untuk kualitas terbaik registrasi warna, tapi kemudian lepaskan plexiglass untuk kondisi pencetakan tanpa kontak yang seragam. (kemungkinan bukti)

Meregangkan

Dorong pelat ke bawah. Jika pelat tidak sekokoh lantai beton, pelat tersebut harus didukung untuk mencegah masalah pendaftaran warna. Kemudian coba pindahkan penjepit saluran yang menahan layar secara lateral. Jika dua titik registrasi di sisi lengan warna pas dengan lengan warna, cari gerakan lengan warna ke arah tengah pers untuk mengoreksi. Coba putar penjepit saluran. Rotasi apa pun harus ditangani untuk pengulangan kualitas cetak.

Rotasi

Pada mesin multi-warna, beberapa jenis bantalan digunakan. Bantalan untuk bekerja dengan baik harus dibebani, yaitu memiliki tekanan pada mereka. Jadi, jika layar tidak berputar bebas, mungkin ada terlalu banyak tekanan, atau mungkin ada benda asing di bantalan. Perekat semprot dan serat bisa menjadi penyebabnya. Kami tidak menggunakan perekat semprot, sehingga kami tidak mendapatkan akumulasi serat. Bantalan dapat dibersihkan dengan WD-40 atau pelumas serupa.

Mata Air & Segel

Pegas di mana semua kumparan menyentuh kumparan yang berdampingan melewati inspeksi visual. Jika kumparan tidak bersentuhan, pegas telah diperpanjang, dan satu-satunya pilihan adalah penggantian. Pabrikan seharusnya merancang pers sehingga perpanjangan tidak dimungkinkan.

Risiko tersembunyi dengan pegas adalah bahwa pegas tersebut diolah dengan panas oleh pabrikan pegas. Perlakuan panas membuat pegas rapuh dan mudah patah, dan karenanya berbahaya. Jika pegas telah diberi perlakuan panas, tutupi pegas atau ikat kumparan untuk mencegah potongan baja terbang di udara dengan kecepatan tinggi.

Beberapa pengepres menggunakan silinder udara seperti yang digunakan dengan beberapa mobil belakang palka dan unit eksposur. Ada segel di mana batang piston memasuki rumahan, dan seiring waktu segel itu aus. Kemudian silinder udara tidak akan menopang bobot layar dan lengan warna. Saat segel sudah aus, silinder udara perlu diganti.

Ukuran Platen

Saya mendapat banyak panggilan telepon tentang masalah ini. Topi dibuat dalam berbagai ukuran seperti kemeja dengan ukuran berbeda dapat dibeli. Saat kami mencetak kaos remaja, kami tidak menggunakan pelat dewasa ukuran penuh, karena kami tahu itu akan meregangkan kain sehingga menyebabkan gambar tampak terdistorsi saat kemeja dilepas dari pelat.

Selama bertahun-tahun gaya topi telah berpindah dari bagian depan busa besar ke profil rendah yang pas di kepala. Peralatan press topi lama mungkin dirancang untuk tutup yang lebih besar. Lebih sering, masalahnya adalah tutupnya. Tutup buckram yang dibuat atau menyatu dimaksudkan untuk bordir, dan bukan sablon.

Tutup depan yang fleksibel akan menyesuaikan dengan pelat tutup dengan lebih baik. Jika penutup depan yang kaku harus digunakan, maka menambahkan bantalan seukuran gambar ke permukaan pelat dapat menyelesaikan masalah. Bantalan dapat dipotong dari alas mouse, tetapi pastikan untuk menaikkan ketinggian layar pada jarak yang sama dengan memasukkan penggaris antara flensa bawah penjepit saluran dan layar untuk menjaga jarak di luar kontak.

Kesimpulan

Pencetakan berkualitas dan produktivitas tinggi memerlukan perhatian pada detail, dan beberapa dari detail tersebut unik untuk pencetakan topi. Namun, setiap masalah juga patut dipertimbangkan saat mencetak kemeja, keringat, tanda, atau barang apa pun.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *